Tong Euren Bisi Nagih - Made In Bandung

Batagor Dan Siomay, 2 Oleh-oleh Bandung Yang Sering Dianggap ‘Kembar’

Menyoal tentang oleh-oleh Bandung, batagor dan siomay menjadi dua jajanan khas yang masih diincar para wisatawan luar kota. Namun, karena tampilannya nyaris sama, kedua makanan tersebut sering kali tertukar. Pasalnya, batagor dan siomay kerap dijajakan dalam gerobak dan menggunakan bahan yang sama—khususnya bakso dan tahu goreng. Supaya tidak salah sebut atau pesan, berikut ini ada panduan seputar batagor dan siomay.

Siomay punya ‘teman’ lebih banyak

Siomay yang berasal dari shaomay dalam bahasa Mandarin—mulanya dibuat dari tepung dan daging babi. Namun, seiring berjalannya waktu, masyarakat Indonesia memakai bahan-bahan yang lebih aman seperti daging ikan dan saus kacang. Tidak seperti batagor, ‘teman’ siomay lebih banyak, di antaranya telur rebus, kentang, tahu, hingga peria. Di sisi lain, dari segi pengolahan, batagor lebih beragam, sebab makanan ini tidak hanya disajikan dalam bentuk gorengan, tetapi juga kuah.

Dari gerobak, warung, hingga restoran

Bagi Anda yang ingin menyantap siomay dan batagor murah meriah, ada penjual yang menjajakannya di gerobak. Biasanya, penjual seperti ini akan keliling kompleks hingga jalan raya dan mangkal di satu area. Jika tidak mau terlalu repot, Anda bisa mengunjungi warung atau restoran yang menyediakan siomay dan batagor. Bahkan kini, Anda bisa membawa pulang kedua makanan tersebut, karena sudah ada tempat oleh-oleh Bandung yang menyediakannya.

Jeruk nipis untuk memperkaya cita rasa

Ada satu tambahan yang sama-sama disajikan dalam batagor maupun siomay, yakni jeruk nipis. Fungsi dari jeruk nipis adalah untuk menambah cita rasa dari kedua makanan tadi. Selain itu, bagi Anda yang suka sensasi asam pada makanan, jeruk nipis bakal jadi teman yang tepat. Aroma dari jeruk ini pun akan menyamarkan atau menetralkan aroma anyir atau manis dari bakso. Namun, sebisa mungkin Anda tak menambahkan jeruk nipis terlalu banyak, sebab nanti rasa batagor atau siomay jadi pahit.

Bumbu kacang yang tak akan terlupakan

Satu elemen lagi yang membuat siomay dan batagor dicari banyak orang adalah bumbu kacangnya yang lezat. Membuat saus atau bumbu kacang pun tidak boleh sembarangan, sebab kalau terlalu encer atau kental, rasanya tidak akan menyatu sempurna dengan siomay maupun batagor. Anda sebenarnya dapat menyantap dua makanan tersebut tanpa bumbu kacang, tetapi sensasinya—seperti yang tercantum pada sebuah lagu—bagaikan sayur tanpa garam.

Namun, mencari siomay dan batagor tidak akan terlalu sulit mengingat sebagian besar pedagang sudah mencantumkan nama dagangannya. Seperti halnya Batagor Coy yang menyajikan batagor terbaik yang akan memuaskan hasrat Anda untuk menyantap hidangan ini. Sekali menyantap oleh-oleh Bandung ini, Anda dijamin bakal ketagihan dan pengin memakannya lagi.

Incoming search terms: